Friday, 29 May 2020

Work-Life Balance: Yuk, Kenali dan Hindari Burnout saat WFH.

Dilansir dari Hello Sehat burnout adalah kondisi stres yang dialami seseorang dan berhubungan dengan pekerjaan. Menurut WHO, burnout atau occupational burnout atau job burnout bukanlah kondisi medis, tapi merupakan salah satu kondisi stres kronis alias stres yang datang terus-menerus hingga terkumpul dan menimbulkan masalah atau gangguan pada kesehatan (Widyawinata, Rena. Stres dan Muak dengan Pekerjaan? Waspada Burnout Syndrome, 2019, www.hellosehat.com. Diakses pada 28 Mei 2020).

Burnout bisa muncul karena beberapa alasan, seperti beban kerja terlalu berat, tekanan finansial, tekanan atau perundungan dari rekan kerja. Berikut ciri-ciri apabila kamu mengalami burnout, antara lain sering mengalami sakit, malas bekerja dan melakukan hobi, sulit tidur, terus-menerus memikirkan pekerjaan tapi tidak bisa melakukannya, dan lain-lain.

Pentingnya selfcare dan cara mencegahnya

Burnout memang sangat rentan terjadi pada pekerja yang melakukan WFH (Work From Home). Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan dan kesadaran sejak dini agar kamu tidak dilanda burnout semasa WFH. Demi mengantisipasinya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir stres agar tidak berkembang menjadi masalah.

 

  1. Tetap relaks saat bekerja

Penelitian yang dilakukan oleh Siltaloppi menunjukkan, bahwa kesehatan mental saat WFH bisa didapatkan melalui psychological detachment. Kondisi ini sendiri adalah kondisi di mana seseorang mencoba untuk ‘melupakan’ tanggung jawab pekerjaan untuk sementara di luar jam kerja. Burnout saat WFH akan muncul jika stres pekerjaan dirasakan seharian penuh. Jadi, penting untuk melupakan tanggung jawab pekerjaan sejenak, mencoba relaks saat kamu sedang beristirahat. (Sonnentag, 2012 :1)

 

  1. Mengambil jeda istirahat

Saat melakukan pekerjaan seharian penuh dan melakukan banyak tugas, cobalah mengatur waktu dan mengambil jeda istirahat beberapa saat untuk menenangkan pikiran. Di momen istirahat ini, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan membuat kopi nikmat dengan mudah dan cepat menggunakan mesin kopi kapsul Unakaffe System. Hal ini akan sangat membantu badan dan pikiranmu menjadi relaks sejenak. Ingat, hindari menggunakan waktu jeda ini untuk mengecek email, atau menggunakan media sosial, ya. Sebab, kedua hal itu juga bisa memicu stres lain, dan akan membuatmu merasa makin tertekan.

 

  1. Lakukan aktivitas seru lainnya

Setelah waktu bekerja selesai, usahakan untuk tidak  menggunakan waktu luang melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Lakukanlah aktivitas lain yang kamu senangi, seperti menonton (video/kajian/film), membaca buku, belajar tentang hal baru dan lainnya. Kamu juga bisa menelepon teman-temanmu yang lain di luar teman kerja agar tidak jenuh.

 

  1. Olahraga setelah bekerja

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga sangat penting di tengah pandemi saat ini. Nah, agar tetap sehat selama WFH, kamu dapat luangkan waktu untuk melakukan olahraga sederhana di rumah. Kamu bisa menonton beberapa video olahraga yang bisa kamu ikuti. Hindari melakukan aktivitas yang dapat memberimu energi negatif, ya!

 

  1. Menikmati kopi dari Unakaffe System

Setelah menyelesaikan tugas kantor, menikmati secangkir kopi nikmat dari Unakaffe System bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan energimu. Proses penyeduhannya yang cepat dan mudah serta tidak membutuhkan keahlian khusus membuatmu bisa bersantai sambil menikmati kopi ala kafe di rumah.

Loading…